Refleksi : Mata Kuliah Pendidikan Pancasila (UAS)




Bismillahirrahmannirrahim...
Assalamualaikum Wr.wb...

     Sabtu, 9 Desember 2017 merupakan hari pelengkapan mata kuliah umum Pendidikan Pancasila di Universitas Negeri Jakarta. di hari terakhir setelah 1 semester kami mahasiswa bersama dosen hebat kami Pak Abdul Rahman Hamid S.H, M.H. Sedari awal pertama kali diajar beliau, Saya menilai beliau memang seorang dosen yang hemat berbicara, melihat background beliau dari timur, wajarlah terlihat logat bicara daerah yang dimiliki. Namun saya kagum terhadap beliau yang selalu bersifat rendah hati dalam mengajar, santun, sejuk dan mempunyai daya analisa yang begitu tajam dalam memaknai setiap hal, bagi kami sudah cukup dan patutlah dijadikan teladan Jiwa Pancasila dalam diri beliau.


     Selama 1 semester = 18x pertemuan kami jalani, kami banyak sekali mendapat pencerahan dan pendalaman pemaknaan Pancasila sebagai suatu hal yang amat sangat fundamental bagi bangsa Indonesia.

Ada 7 Sub tema yang kami kaji bersama yaitu, :
1. Urgensi Pancasila
2. Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
3. Pancasila sebagai dasar negara : Norma Hukum & Etika
4. Pancasila sebagai Ideologi Negara : Cita-cita, Alat pemersatu bangsa
5. Pancasila sebagai sistem filsafat
6. Pancasila sebagai sistem etika
7. Pancasila sebagai Dasar nilai pengembangan ilmu.

Pada ke-7 Sub topik kajian kami dalam kelas Pendidikan Pancasila, memang cukup mudah dari segi administrasi tugas perkuliahan, dosen kami cukup baik dalam membuat suasana dan sistem pembelajaran yg lebih mengedepankan pada karakter positif kami.

seperti halnya :
-Dosen selalu memberikan contoh teladan disetiap sub topik kajian perkuliahan
- Sering diberikan tontonan film intisari yang mengubah cara pandang awal kami menjadi lebih terbuka
-memberikan pembelajaran yang interaktif dengan sering mengajak mahasiswa berdialog bersama, mengeluarkan opini-opini masing-masing.
- Memberikan quiz yg bernilai point sehingga mahasiswa merasa bersemangat sekali menjawab secara benar pertanyaan-pertanyaan yg diberikan dosen
- dan lain sebagainya,


kesemua hal yang telah saya jalani dan ambil hikmah pelajaran" tersebutpun tak lupa, dosen menugaskan mahasiswa untuk mengabadikannya dalam arsip refleksi di Blog dan kehidupan langsung secara nyata.

Untuk selanjutnya, saya berharap sistem perkuliahan lebih baik lagi, seperti lebih tepat waktunya kita memulai pembelajaran, lebih banyak explore secara langsung tentang penerapan Ideologi Pancasila pada bangsa Indonesia (Outing Class), dan mempunyai bahan ajar yang lebih lengkap dan update lagi.

Selebihnya Saya pribadi sangat bangga mendapatkan kelas ini, jujur Saya merasakan tumbuh jiwa Nasionalisme Saya setelah mempelajari kelas ini.
Terimakasih banyak untuk teman", Dosen, dan Universitas Negeri Jakarta.

Komentar

Postingan Populer