Refleksi : Pancasila sebagai Ideologi Bangsa

     


       Jumat, 8 Desember 2017, Kembali kami mengikuti kuliah pendidikan Pancasila dengan Pak Abdul Rahman Hamid S.H, M.H.
Perkuliahan hari ini, berkaitan dengan judul artikel diatas, dan merupakan hal foundamental dalam hidup bernegara dan berbangsa di Indonesia ini.

       Pak dosen identik mengajar dengan cara memaparkan penjelasan singkat terkait topik, lalu kemudian lebih banyak mencontohkan praktik-praktik permasalahan langsung di lingkungan.
Pancasila sebagai Ideologi Bangsa adalah alat pemersatu bangsa, karena semua pola-pola pemikiran sebisa mungkin sesuai kaidah nilai Pancasila yg terkandung. Jika cara pandang dan tujuan telah mantap diyakini bersama, inilah yg bisa dijadilkan alat pemersatu bangsa dalam mencapai cita-cita bersama rakyat negara tersebut.

    Konteks ideologi Pancasila yg di gunakan Bangsa Indonesia, akhir-akhir ini sering diperdebatkan memang, kemungkinan terbesar Ideologi Bangsa Indonesia berubah pada Sekularisme dan Liberalisme. Namun untuk berubah sedkit saja tatanan, seperti contoh :

di Isukan bangkitnya kembali organisasi PKI, seluruh bangsa ini langsung memanas, dan timbul ketidak stabilan politik dan masyarakat.
dan banyak contoh lainnya, hal demikian memberikan sinyal kepada kita bahwa, Mau berubah yang seperti apalagi Ideologi bangsa Indonesia, Pancasila adalah Ideologi super cocok,damai dan telah terbukti ratusan tahun mempertahankan kesatuan bangsa ini dalam banyaknya kemajemukan yg ada.

Komentar

Postingan Populer